Rabu, 25 Januari 2012

Pesan untuk Anakku Kelas IX


Untuk anak-anak  didikku kelas IX, mengingat ujian tinggal beberapa bulan lagi usahakan ketika belajar di kelas, belajar kelompok atau belajar di tempat les kalian harus benar benar fokus.

Terekadang kita menggunakan standar diri kita sendiri dalam menentukan tercapainya keberhasilan. Dalam usaha meraih sesuatu, ada dua hal yang harus dilakukan.  Pertama berusaha semaksimal mungkin.  Yang kedua adalah berdoa.  Berusaha untuk lulus dalam ujian adalah dengan belajar.  Artinya belajar adalah perubahan yang semula tidak tahu menjadi tahu, yang tadinya tidak bisa, menjadi bisa.  Itulah belajar.

Anak-anakku... Belum dikatakan belajar jika kita duduk di meja belajar, membaca buku, menulis, les privat, jika pengetahuan dan kemampuan kita tidak bertambah.  Kita memang duduk diam di meja belajar tapi pikiran kita sibuk memikirkan hal yang lain sehingga kita tidak tahu apa yang baru saja kita baca.  Itu tidak di namakan belajar.
Kita merasa cukup saat belajar satu atau dua jam sehari ( entah belajar mandiri atau les privat).  Itu adalah standar kita sendiri.  Disaat yang bersamaan, orang lain meluangkan waktunya untuk belajar sebanyak 5 jam sehari demi mempersiapkan ujian.  Itu adalah standar dia.  Dan ternyata bobot ujian nasional semakin tinggi.  Kita tidak lulus, dia berhasil lulus.  Itulah kenyataan.  Itulah Konsekuensi yang didapat dari besarnya usaha yang diberikan.  Itu bukti Allah Maha Adil.

Doa dan ibadah kita adalah cermin dari kepasrahan diri untuk diatur sepenuhnya oleh Allah SWT.  Allah yang Maha Tahu apa yang terbaik bagi diri kita.  Berhasil atau gagal, adalah hal yang biasa saja bagi orang yang pasrah dan berserah diri.

Apa yang harus dilakukan jika kenyataannya tidak lulus..?  Ya tetap berusaha dan berdoa.  Tidak ada yang lain.  Perbaiki cara belajar, tambah waktu belajar, tidak putus asa, tetap semangat.  Mungkin ada yang salah dalam proses belajar kemarin sehingga menemui kegagalan.  Anggap saja pahitnya kegagalan yang dirasakan adalah Obat yang Allah berikan supaya dapat menjadi lebih baik.  Sukses buat anak-anakku kelas IX semoga kalian lulus dangan hasil yang baik.  Amiin…


Tidak ada komentar:

Posting Komentar