Jumat, 20 Januari 2012

OUTBOUND SEBAGAI METODE BELAJAR INOVATIF MATA PELAJARAN IPA TERPADU

Outbound adalah kegiatan pembelajaran di luar ruangan (Outdoor) yang saat ini sangat populer.  Outbound bisa diguna sebagai metode belajar inovatif untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) terpadu, yaitu menjadi salah satu sarana yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan pertumbuhan fisik (psikomotorik), perkembangan emosi (afektif) dan berpikir (kognitif)  sehingga terwujud pembelajaran yang bermakna.


Peserta didik dapat belajar tentang kehidupan nyata, melatih kerja sama, tanggung jawab sambil bermain, karena melalui permainan outbound IPA terpadu akan terbangun suasana yang lepas, bebas, menyenangkan dan atraktif serta memberi kemudahan dalam belajar.

Outbound kaya akan pengetahuan, hal yang tidak dapat peserta didik pelajari di dalam ruangan dapat peserta didik dapatkan di luar ruangan, sehingga dapat belajar membuat hipotesa, kemudian menguji hipotesa dan membuat kesimpulan dari apa yang diterimanya di kelas.

Terdapat beberapa tahapan yang dapat dilakukan peserta didik untuk memudahkan masuknya informasi, yaitu mendengar, menulis, melihat, mengumpulkan data, dan bereksperimen (melakukan percobaan) misalnya, belajar tentang ekosistem. Peserta didik dapat melihat langsung ekosistem alami dan buatan serta hubungan timbal balik antara komponen biotik dan abiotik, misalnya belajar tentang tumbuhan (akar, batang, daun dan bunga). Peserta didik dapat mengeksplorasi bunga misalnya macam-macam warna, mahkota bunga, adanya putik, benangsari dan sebagainya.

Tugas guru diharapkan dapat mengajak peserta didik untuk melakukan observasi di lapangan dalam bentuk pengamatan, pengenalan, identifikasi dan analaisa. Sebagai contoh peserta didik melakukan observasi tentang hubungan timbal balik biotik dan abiotik, guru dapat memaparkan komponen biotik, komponen abiotik yang beragam sehingga peserta didik mengenal apa yang di alam melalui semua inderanya.

Metode pembelajaran ini sangat sesuai dengan kurikulum saat ini, yang smemenuhi salah satu tujuan pembelajaran yaitu memberikan pengelaman hidup yang kontekstual dengan dasar pembelajaran yang menyenangkan. Outbond yang dilakukan tidak harus mahal dengan peralatan peralatan yang mahal pula. Outbond bisa murah, misalnya ke sungai, ke sawah, ke kebun, ke lingkungan sekitar sekolah. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar