Jumat, 25 Mei 2012

Contoh RPP Bahasa Jawa Iklan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 5)


                                      Satuan Pendidikan                 : MTs ..........
                                      Mata Pelajaran                        : Bahasa Jawa
                                      Kelas/Semester                       : VIII/Gasal
                                      Aspek                                     : Mendengarkan
                                      Alokasi Waktu                       : 1 jam pelajaran (1 x pertemuan)


A.    STANDAR KOMPETENSI
Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa.

B.     KOMPETENSI DASAR
Mendengarkan iklan.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Memberikan tanggapan terhadap iklan yang didengar dengan berani.
2.      Menuliskan maksud iklan dengan teliti.
3.      Menjelaskan isi iklan dengan percaya diri.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Pengertian Iklan
2.      Tujuan Iklan
3.      Macam-macam Iklan
4.      Media Iklan
5.      Contoh Iklan

E.     METODE PEMBELAJARAN
1.      Ceramah
2.      Tanya Jawab

F.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
a.       Kegiatan Awal
v  Berdoa (Contoh nilai karakter yang ditanamkan: taqwa).
v  Mengecek kehadiran siswa (Contoh nilai karakter yang ditanamkan: disiplin).
v  Menanyakan kabar siswa – dengan fokus pada siswa yang tidak hadir dan/atau yang tidak hadir pada pertemuan sebelumnya - (Contoh nilai karakter yang ditanamkan: peduli, empati).
v  Apersepsi  :  Siswa ditanya tentang pengalamannya mendengarkan iklan berbahasa
                    Jawa.
v  Motivasi    :  Siswa dimotivasi untuk bisa memahami iklan berbahasa Jawa yang
                    didengarnya dari radio.
v  Guru menginformasikan tujuan pembelajaran

b.      Kegiatan Inti
a)      Eksplorasi
-     Menyiapkan media untuk mendengarkan iklan.
-     Siswa menyebutkan media-media iklan berbahasa jawa.

b)      Elaborasi
-     Guru menjelaskan pengertian iklan, tujuan iklan, macam-macam iklan, serta  media iklan.
-     Guru memberikan contoh iklan berbahasa jawa dari rekaman kaset atau dari teks yang dibacakan.
-     Siswa memberikan tanggapan terhadap iklan yang telah didengarkan.
-     Siswa menuliskan maksud iklan.
-     Siswa menjelaskan isi iklan.
(contoh nilai karakter yang ditanamkan: keberanian, percaya diri, ketelitian).
c)      Konfirmasi
-     Guru dan siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.
-     Refleksi  : Siswa menyampaikan kesannya setelah mendengarkan iklan berbahasa
                  Jawa.
-     Guru menginformasikan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya membahas materi tentang ”Bercerita tentang pengalaman pribadi.” Siswa diminta untuk menyiapkan cerita-cerita pengalaman yang menarik.
       (Contoh nilai karakter yang ditanamkan: antisipatif).

c.       Penutup
v  Menutup pertemuan dengan doa (Contoh nilai karakter yag ditanamkan: taqwa).
v  Mengakhiri pertemuan dengan salam (Contoh nilai karakter yang ditanamkan ramah).
v  Siswa keluar dari kelas dengan tertib (Contoh nilai karakter yang ditanamkan: ketertiban, disiplin).

G.    SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Buku Sinau Basa Jawa
2.      Rekaman Iklan Berbahasa Jawa
3.      Majalah
4.      Lembar Kerja Siswa

H.    METODE
Pembelajaran Langsung

I.       PENILAIAN

Indikator
Pencapaian
Jenis
Penilaian
Bentuk
Instrument
Contoh Instrumen
§  Menjelaskan pengertian iklan.
§  Menyebutkan tujuan iklan.
§  Menyebutkan macam-macam iklan.
§  Menyebutkan media iklan.
§  Menyebutkan contoh-contoh iklan.
§  Menuliskan maksud iklan.
§  Menjelaskan isi iklan.

§  Tes Tertulis
§  Uraian
1.      Apa tegese iklan?
2.      Apa ancase iklan?
3.      Iklan iku dibedakke dadi pira? Sebutna!
4.      Ing ngendi wae iklan basa jawa bisa ditemokake?
5.      Sebutna iklan-iklan produk (5)!
6.      Apa maksude iklan mau?
7.      Menawa sirah ngelu rasane kepiye?
8.      Kepiye rasane lara untu?


Kunci Jawaban

1.      Iklan yaiku andharan kang isine nawakake sawijining bab.
2.      Ancase iklan yaiku kanggo narik kawigatene wong liya supaya tuku.
3.      Dadi 2: iklan produk lan iklan jasa.
4.      Ing Radio lan Majalah Basa Jawa (Kalawarti).
5.      Iklan kosmetik, iklan kendharaan, iklan prabot rumah tangga, iklan sandhangan, iklan obat.
6.      Maksude supaya wong-wong padha tuku ”Puyer No. 16” nalika nandhang sirah ngelu utawa lara untu.
7.      Cekot-cekot
8.      Senut-senut

Pedoman Penilaian

1.      Tes Tertulis
Ø  Tiap soal bernilai     : 5
Ø  Nilai Maksimal        :  40   =  10
                                  4
  
                                                                                                             Surakarta,   Juli 2011
Mengetahui
Kepala Madrasah                                                                                        Guru Mapel
                                                                                                                   




..............................                                                                                   ...............................
Nip.                                                                                                           Nip.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar